Puskesmas Ramah Anak

0
90
Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) adalah fasilitas  pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama dengan lebih mengutamakan upaya  promotif dan preventif untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya di wilayah kerjanya.
Pelayanan kesehatan yang diselenggarakan di Puskesmas bertujuan untuk mewujudkan masyarakat yang memiliki perilaku sehat yang meliputi kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat, mampu menjangkau pelayanan kesehatan bermutu, hidup dalam lingkungan sehat, dan memiliki derajat kesehatan yang optimal, bagi individu, keluarga, kelompok dan masyarakat.
  • Bendasarkan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas Undang – Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak mengamanatkan bahwa kesehatan anak merupakan salah satu hak anak yang wajib dipenuhi oleh orang tua / keluarga.
  • UU No 36 Tahun 2009 Tentang kesehatan
  • Peraturan Menteri Kesehatan No 25 Tahun 2014 Tentang Upaya Kesehatan Anak
  • Peraturan Menteri kesehatan No 75 Tahun 2014 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat

Puskesmas memiliki peran penting dalam pemenuhan hak anak untuk mendapatkan kesehatan. Karena itu, penyelenggaraan Puskesmas yang memberikan pelayanan ramah pada anak harus dilaksanakan secara menyeluruh. Puskesmas Layanan Ramah Anak itu lebih mengedepankan pelayanan yang ramah pada anak, baik pada anak yang sedang sakit maupun anak sehat yang sedang berkunjung ke Puskesmas, serta perlindungan dan penghargaan atas hak anak.

Indikator Puskesmas ramah anak diantaranya adalah tersedianya layanan kesehatan ibu dan anak ,tersedianya tempat khusus untuk pemeriksaan anak, ada taman gizi, ruang laktasi, serta pelayanan terhadap anak Dissabilitas. Selain itu, Puskesmas juga harus memiliki tempat bermain dan tempat tunggu yang nyaman, tersedia dokter anak, konseling untuk anak dan ruang tumbuh kembang anak. Puskesmas ramah anak juga menyediakan tempat pelayanan korban kekerasan terhadap anak, menyediakan sanitasi lingkungan Puskesmas yang sesuai standar, serta merupakan kawasan tanpa asap rokok.

Puskesmas sebagai fasilitas kesehatan terdepan yang berbasis wilayah, selain memberikan pelayanan peningkatan kesehatan, pencegahan penyakit, pengobatan dan pemulihan, puskesmas juga berperan terhadap kesehatan keluarga dan masyarakat agar paham dan mampu memenuhi hak kesehatan anak, memberikan informasi dan bantuan sesuai fungsinya kepada orang tua agar mampu memenuhi hak kesehatan anak.

 
 – 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here