Indikator Kabupaten Layak Anak

0
182

Indikator Kabupaten layak anak ada 5 Klaster yaitu meliputi

1. Klaster I hak sipil dan kebebasan yaitu tentang (Akta Kelahiran, KIA ), tersedia fasilitas informasi layak anak, terlembaganya partisipasi anak Kelembagaan yang meliputi  Tersedianya peraturan/kebijakan Daerah tentang Kabupaten Layak Anak, Menguatnya kelembagaan Kabupaten/kota Layak Anak, Keterlibatan Lembaga Masyarakat ( dunia usaha, media massa dalam pembangunan hak dan perlindungan khusus anak ).

2. Klaster II yaitu  Lingkungan Keluarga dan Pengasuhan Alternatif meliputi presentase perkawinan Layak Anak, tersedia lembaga konsultasi penyedia layanan pengasuhan anak bagi orang tua/keluarga,presentase pengembangan Anak usia dini holistik dan integratif ( PAUD-HI), presentasi lembaga pengasuhan alternatif terstandarisasi, tersedia Infrastruktur ( sarana dan prasarana ) di ruang publik yang ramah Anak.

3. Klaster III yaitu Kesehatan Dasar dan kesejahteraan meliputi presentase persalinan di fasilitas pelayanan kesehatan, prevalensi Status gizi Balita, presentase Cakupan pemberian makan pada bayi dan anak ( PMBA)usia di bawah 2 tahun, presentase fasilitas pelayanan kesehatan dengan pelayanan ramah anak, presentase rumah tangga dengan akses air minum dan sanitasi yang layak, tersedia kawasan tanpa rokok dan tidak ada Iklan promosi dan sponsor rokok.

4. Klaster IV Pendidikan Pemanfaatan Waktu Luang dan Kegiatan Budaya yaitu meliputi Presentasi Wajib Belajar 12 tahun, presentase sekolah ramah anak, tersedia fasilitas untuk kegiatan budaya kreativitas dan rekreatif yang ramah anak,

5. Klaster V Perlindungan Khusus anak korban kekerasan dan penelantaran yang terlayani,presentasi anak yang dibebaskan dari pekerja anak dan bentuk-bentuk pekerjaaan terburuk untuk anak ( BPTA ), Anak korban Pornografi NAPZA dan terinfeksi HIV/AIDS yang terlayani, Anak korban bencana dan konflik yang terlayani, Anak penyandang Dissabilitas dan anak dari kelompok minoritas dan terisolasi yang terlayani.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here